Minggu, 22 Juni 2014

10 Musisi Dunia dengan Penjualan Album Terlaris

Di zaman sekarang, sepertinya bukan hal mudah bagi para musisi untuk dapat menjual albumnya hingga mencapai angka fantastis. Hal itu terjadi tak lain karena karena maraknya pembajakan dan illegal download di internet. Padahal sebelum pembajakan menjamur, banyak sekali album yang mampu terjual hingga puluhan juta keping. Berikut ini adalah 10 musisi dunia dengan penjualan album terlaris sepanjang masa.

10. Come On Over – Shania Twain ( 40 juta kopi )
220px-Shania_Twain_-_Come_on_Over
Album yang rilis pada November 1997 ini mencatatkan beberapa rekor tersendiri, diantaranya album penyanyi solo wanita terlaris, album country terlaris, album terlaris di Kanada, dan tentu saja salah satu album terlaris sepanjang masa. Berbagai penghargaan pun ia dapat berkat album bergenre country pop ini. Uniknya, meski terjual hingga 40 juta kopi, namun Come On Over hanya mampu mencapai posisi kedua dalam Billboard 200.
9. Rumours – Fletwood Mac ( 40 juta kopi )
220px-FMacRumours
Rumours merupakan album ke-11 dari Grup Musik asal Inggris/Amerika, Fletwood Mac. Selain angka penjualannya yang luar biasa, album ini juga panen pujian dari berbagai kritikus musik. Predikat Album of The Year dalam ajang Grammy Awards tahun 1978 pun jatuh ke tangan mereka. 4 lagu dirilis sebagai single dari album ini, diantaranya “Go Your Own Way”, “Don’t Stop”, “Dreams”, dan “You Make Loving Fun”.
8. Saturday Night Fever, OST – Bee Gees/Various Artist – ( 40 juta kopi )
220px-TheBeeGeesSaturdayNightFeveralbumcover
Generasi tahun 70-an mana yang tidak kenal lagu Stayin’ Alive ? Lagu berirama disco yang cocok untuk berdansa ini merupakan salah satu soundtrack dari film Saturday Night Fever.  Saking terkenalnya lagu tersebut hingga berdampak pada meningkatnya jumlah penjualan album kompilasi untuk soundtrack film diatas. Sampai saat ini album Saturday Night Fever tercatat sudah terjual sebanyak 40 juta keping,
7. Their Greatest Hits (1971-1975 ) – Eagles ( 42 juta kopi )
The_Eagles_-_Their_Greatest_Hits_(1971-1975)
Jika ada album Greatest Hits yang mampu terjual hingga puluhan juta kopi, pastilah album tersebut milik Grup Musik yang terkenal dengan lagu Hotel California-nya, Eagles. Dirilis pada tahun 1976, Their Greatest Hits (1971–1975) ini berisikan 10 lagu terbaik mereka, salah satunya adalah Desperado yang meski tidak dirilis sebagai single, namun menjadi salah satu lagu terbaik dari Grup Musik ini.
6. Bat Out of Hell – Meatloaf ( 43 juta kopi )
220px-Bat_out_of_Hell
Inilah salah satu karya terbaik dari genre classic rock. Ya, album kedua dari Grup Musik asal Amerika ini selain terjual lebih dari 14 juta kopi di negara asalnya, juga meraih kesuksesan besar di beberapa negara seperti Inggris, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Tak salah jika beberapa media seperti majalah Rolling Stone, Kerrang!, dan Rock Hard memasukkan Bat Out of Hell kedalam daftar album terbaik sepanjang masa.
5. Bad – Michael Jackson ( 45 juta kopi )
220px-Michael_jackson_bad_cd_cover_1987_cdda
Michael Jackson menjadi satu-satunya musisi yang dua albumnya yang masuk kedalam daftar 10 besar album terlaris. Salah satunya adalah Bad. Tak heran memang, karena album yang memasukkan elemen R&B, funk, rock, dan pop ini lagu-lagunya sangat layak untuk didengar. Tengok saja single “Dirty Diana”, “Smooth Criminal”, maupun “Man In The Mirror” yang berhasil menempati posisi puncak di Billboard Hot 100.
4. The Bodyguard, OST – Whitney Houston/Various Artist – ( 45 juta kopi )
220px-TheBodyguardSoundtrack
Walaupun filmnya mendapat review negatif dari para kritikus, namun tidak demikian dengan albumnya. Selain dinobatkan menjadi album terbaik dalam Grammy Awards yang ke-36. Single “I Will Always Love You” yang menjadi lagu utamanya mengantarkan Whitney Houston menerima piala Grammy untuk kategori Record of The Year dan Best Female Pop Vocal Performance.
3. Dark Side of The Moon – Pink Floyd ( 50 juta kopi )
220px-Dark_Side_of_the_Moon
Pink Floyd mematahkan anggapan bahwa progresif rock adalah jenis musik yang tidak komersil. Buktinya album Dark Side of The Moon ini dapat terjual hingga 50 juta kopi di seluruh dunia dan bertahan selama 741 minggu pada Billboard 200 selama tahun 1973 sampai 1988. Prestasi yang sangat luar biasa bukan ? Selain itu, cover album ini juga merupakan salah satu yang paling ikonik.
2. Back In Black – AC/DC ( 50 juta kopi )
Acdc_backinblack_cover
Sama halnya dengan Come On Over milik Shania Twain, Back in Black milik AC/DC pun tidak pernah menempati posisi pertama Billboard 200 meski telah terjual sebanyak 50 juta kopi. Namun setidaknya album ini menghasilkan salah satu lagu terbaik mereka yakni “You Shook Me All Night Long” yang juga mendapat predikat sebagai salah satu lagu terbaik di tahun 80-an versi VH1.
1. Thriller – Michael Jackson ( 65 juta kopi )
220px-Michaeljacksonthrilleralbum
Dan inilah album terlaris sepanjang masa yang hingga saat ini belum bisa dikalahkan oleh siapapun. Bayangkan saja, 65 juta kopi ! Disamping penjualannya yang luar biasa, prestasi lain yang dihasilkan oleh album ini tak kalah hebatnya. Diantaranya memenangkan 8 Grammy Awards di tahun 1984, termasuk Album of The Year. Slant Magazine pun menobatkannya sebagai album terbaik di tahun 1980-an.

Sumber : link

Tidak ada komentar:

Posting Komentar