Langsung ke konten utama

Efek Buruk Mendengarkan Musik Terlalu Keras


           Siapapun pasti senang mendengarkan musik. Bagi banyak orang, musik tidak hanya sekedar lagu, alunan nada, atau barisan lirik, tapi juga punya momen tersendiri didalamnya. Oleh karena itu, tidak heran jika musik kerap didengarkan dengan suara kencang. Memang menyenangkan dan membuat suasana hati lebih hidup, tapi ada beberapa komplikasi kesehatan yang menyertai kebiasaan tersebut.
Studi menyebutkan bahwa mendengarkan musik dengan volume kencang bisa merusak terlinga bahkan mengganggu kerja sel-sel otak. Penelitian lanjutan yang dilakukan Universitas Cambridge menunjukkan ada masalah kesehatan lain yang dipengaruhi kencangnya suara musik. 
Berikut adalah beberapa efek yang ditimbulkan dari kebiasaan buruk mendengarkan musik dengan volume kencang, dilansir dari Vivanews.
Gangguan Pendengaran
Efek yang paling utama adalah mengganggu pendengaran. Volume musik lebih dari 90 desibel bisa mempengaruhi gendang telinga. Cara paling mudah mengatahui volume musik yang terlalu kencang adalah getaran dalam telinga, layaknya menghadiri konser atau di kub. Jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu panjang, gangguan pendengaran akan semakin parah.
Saraf Bermasalah
Mendengarkan musik terlalu keras akan membuat saraf melemah. Kerja saraf akan melambat karena sel-sel otak terganggu. Jika dilakukan terus-menerus, sinyal yang mencapai otak akan terhenti menimbulkan masalah besar di otak, seperti terhentinya gerak motorik secara mendadak atau hilang ingatan tiba-tiba.
Menurunkan Konsentrasi
Ketika musik terpasang di telinga, secara otomatis level konsentrasi akan menurun. Anda akan sulit untuk memahami apa yang orang lain katakan karena terlalu sibuk mendengarkan musik. Tidak hanya itu, otak juga akan terbebani dengan banyak tugas disaat bersamaan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Its Milk Purwokerto

AsalamualaikumKali ini aku mau bahas soal salah satu tempat hang out baru di Purwokerto. Cafe Its Milk ini berada di Jl A yani no.9. Letaknya persis depan fotocopy amanah. Pertama liat dari depan terpampang benner minuman hanya 6K. Penasaran dan langsung coba masuk. Suasana didalam cozy dan pas banget buat nongkrong ditambah lagi dengan harga yang ramah banget dikantong. Berhubung sebelum berangkat udah makan jadi disini aku cuman pesen red velvet ice milk dengan harga 14K. Buat kalian yang mau hang out atau sekedar pengen hunting tempat jajanan bisa banget tempat ini dijadiin salah satu list kalian. Sekedar info cafe ini sebelumnya sudah ada beberapa cabang Semarang, Purwodadi, Jember, Magelang, Blora, Kudus, Tegal, Rembang dan next Solo dan Salatiga. Beberapa sudut cafe yang aku jepret :)





Kalian bisa search di Instagram mereka di @itsmilkngempeng.Sampai disini dulu cerita aku kali ini. Klo ke Purwokerto jangan lupa mampir kesini yaaa :)

Wassalamualaikum




Alun - alun Cilacap

Haloooo blogger

Klo kalian jalan - jalan ke Cilacap pasti sudah gak asing lagi sama Alun - alun Cilacap. Disitu kalian akan menemui ikon kota Cilacap dan yang terbaru dan baru dibuka per 30 Desember 2015 yaitu Taman KNPI Cilacap. Oh iya di alun - alun banyak gowes semacam sepeda yang bisa kalian sewa dengan harga Rp 5.000 per orang selama 30 menit. Yuk jadikan Cilacap sebagai destinasi tujuan wisata kalian. Ajak keluarga, sahabat atau pasangan kalian ya :) ditunggu









Cafe 3 Cups Cilacap